Kamis, 14 September 2017

TEKNOLOGI INDUSTRI PERTANIAN UNIVERSITAS JEMBER


Pendahuluan
Industri pertanian (agroindustri) adalah industri yang mentransformasikan hasil pertanian menjadi produk industri dalam rangka meningkatkan nilai tambahnya. Agroindustri mengalami trend yang terus meningkat karena dipandang sebagai industri strategis yang dapat membawa sukses pertanian. Agroindustri yang maju dan modern hanya dapat dikelola oleh sumber daya manusia (SDM) yang handal dan mempunyai kompetensi tinggi dalam bidang agroindustri. Hingga kini, lulusan perguruan tinggi yang mempunyai kemampuan dan keahlian dalam bidang tersebut masih sangat terbatas, padahal kebutuhan pasar kerjanya sangat tinggi. Program Studi Teknologi Industri Pertanian (PS. TIP) merupakan salah satu program studi yang diselenggarakan oleh Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember untuk memenuhi kelangkaan SDM dibidang agroindustri. Program studi ini merupakan disiplin ilmu yang mempunyai bidang kajian pada rekayasa teknologi proses agroindustri, teknik sistem industri, manajemen, dan lingkungan agroindustri. Lulusan yang dihasilkan oleh PS. TIP mampu memenuhi kebutuhan masyarakat industri untuk menyelesaikan berbagai permasalahan dibidang teknologi dan manajemen agroindustri, serta mempunyai kemampuan untuk mengembangkan diri secara mandiri dengan memanfaatkan keahlian yang dimiliki untuk mengelola agroindustri menjadi lebih maju, berkelanjutan, dan berwawasan lingkungan.

Profil Lulusan PS. TIP
1. Peneliti
2. Pendidik/Akademisi
3. Manager pada Agroindustri
4. Konsultan Agroindustri
5. Pengusaha/Profesional

Visi PS. TIP
Menjadi Program Studi Unggul dalam Menyelenggarakan Program Pendidikan Sarjana di Bidang Teknologi dan Manajemen Agroindustri yang berwawasan Lingkungan dan Bisnis.

Penjelasan Visi PS. TIP
Visi ini diadopsi dari visi Universitas Jember dan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember, yang pada intinya memiliki tujuan menghasilkan lulusan sarjana strata 1 yang mempunyai kemampuan dalam merencanakan, menerapkan, mengembangkan, mengendalikan dan mengevaluasi suatu sistem kegiatan agroindustri yang efektif dan efisien. Sehingga harapannya lulusan PS TIP itu mempunyai kualifikasi dan kompetensi di bidang agroindustri. Oleh karena itu, agar mereka memiliki kompetensi di bidang tersebut maka rumpun keilmuan atau keahlian yang harus diberikan kepada meraka yaitu tiga pilar. Pertama pilar teknologi, di PS. TIP mahasiswa akan diberi wawasan dan pembelajaran yang terkait dengan processing dan teknologi sehingga mempunyai kemampuan serta kompetensi dibidang engineering. Kedua yaitu pilar manajemen, tidak hanya aspek teknologi tetapi mahasiswa juga diberikan ilmu manejemen yang dapat digunakan untuk bagaimana mengelola, mengatur suatu organisasi supaya nanti dapat berjalan efektif dan efisien. Ketiga yaitu pilar kesisteman, adalah merangkai dari kompetensi teknologi dan manajemen kemudian dirangkai dalam suatu sistem pengembangan yang nantinya dalam konteks pilar ini, mahasiswa diberi bekal ilmu terkait dengan materi rekayasa sistem, model, dan aplikasi rancang bangun. 

Misi PS. TIP
  1. Menyelenggarakan pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat dalam rangka pengembangan teknologi dan manajemen agroindustri yang berwawasan lingkungan dan bisnis.
  2. Menghasilkan sarjana teknologi pertanian yang kompetitif yang memiliki keahlian dalam bidang teknologi dan manajemen agroindustri sehingga mampu bersaing baik pada tingkat nasional maupun internasional.
  3. Mengembangkan jaringan kerjasama dengan stakeholders agroindustri serta lembaga lainnya didalam dan diluar negeri.
Tujuan PS. TIP
  1. Menghasilkan lulusan sarjana strata satu (S1) yang mempunyai kemampuan dalam merencanakan, menerapkan, mengembangkan, mengendalikan dan mengevaluasi suatu sistem kegiatan agroindustri yang efektif dan efisien, yang mendukung terwujudnya sumberdaya manusia yang kompetitif dan mampu bersaing baik tingkat nasional maupun internasional;
  2. Menghasilkan lulusan sarjana strata satu yang mampu berkarir di bidang pekerjaan yang terkait dengan teknologi dan manajemen agroindustri baik sebagai profesional atau berkarya sebagai technopreneur untuk mencapai kesejahteraan bagi dirinya maupun bagi masyarakat dan kemajuan bangsa.
Staf Pengajar
Proses pembelajaran di PS. TIP difasilitasi oleh dosen-dosen yang mempunyai kompetensi tinggi pada bidang agroindustri yang berasal dari dosen tetap PS. TIP, maupun dosen lainnya di lingkungan Fakultas Teknologi Pertanian Universitas Jember.

Kerjasama
PS. TIP melalui pihak fakultas menawarkan kesempatan mahasiswa melakukan studi dan riset didalam maupun luar negeri dalam bentuk Joint Research, Student Exchange, Credit Earning, dan beasiswa studi lanjut. Program lainnya yang dapat diikuti adalah kuliah tamu dengan praktisi/peneliti/dosen dari dalam dan luar negeri.

Beasiswa
Beasiswa Unggulan, Supersemar, PT. Djarum, Bidik Misi, PPA, BBM, PPE, BI, BRI, Bank Mandiri, Taspen, Pemkab dan sebagainya.

3 komentar:

  1. Thanks infonya sangat bermanfaat kak, mungkin bisa ditambahi lebih detailnya apa sih PS. TIP UNEJ serta apa juga yang membedakan/ciri khas dari TIP UNEJ dengan TIP dari Universitas lain..

    BalasHapus
  2. Terimakasih Kak masukannya. Jangan lupa mampir ke http://tip.fateta.unej.ac.id/

    BalasHapus
  3. mohon doakan semoga pertukaran mahasiswa antara universitas Jember dan universitas Jambi bisa terlaksana dgn baik kak ^-^

    BalasHapus